Apa Saja Sih Kriteria Rumah Ideal?

Big Banner

Rumah ideal tak hanya nyaman, namun juga dapat meningkatkan kualitas hidup penghuninya. Tak pelak jika rumah dengan karakteristik ideal menjadi dambaan setiap orang.

Sayangnya, mewujudkannya itu  gampang-gampang susah. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika ingin menjadikan rumah kamu masuk dalam kategori ideal.

Sebelumnya, kenali dulu kriteria rumah ideal secara umum. Antara lain jangan sampai rumah kamu huni mengalami dinding retak, bocor, kusen lapuk, dan lembap.

Baca juga: Sssst.. Ini Rahasia Beli Rumah Tunai

Eits, detail kriteria rumah ideal ternyata tak semudah itu. Apa saja sih?

Kriteria pertama adalah struktur pendukung utama rumah haruslah kuat. Konstruksi kuat penting untuk melindungi penghuni dari bahaya runtuh. Selain itu, struktur kuat juga membuat penghuni merasa tenteram tinggal di dalamnya.

Ciri kedua adalah tahan lama. Suatu bangunan harus menerapkan rencana umur panjang. Mulai dari proses pembuatannya, kamu harus perhatikan dan memperhitungkan penggunaan bahan-bahan bangunannya yang bermutu dan berkualitas.

Selain dua kriteria di atas, yang ketiga, perlu juga memperhatikan faktor keindahan. Bentuk bangunan, eksterior, dan interior yang enak dipandang tentu dapat memberikan kenyamanan tersendiri bagi penghuninya. Hal ini juga dapat menambah nilai dari bangunan tersebut.

Kriteria keempat adalah kesehatan. Rumah merupakan tempat yang akan ditinggali untuk waktu lama, sehingga kebersihan dan kesehatan menjadi faktor penting yang harus selalu diperhitungkan.

Baca juga: Trik Membersihkan Noda di Furnitur Kayu

Perhatikanlah mengenai sanitasi dan sirkulasi udara. Pastikan rumahmu memiliki sistem sanitasi baik dan jendela yang memadai. Rumah pun harus bebas dari keadaan lembap.

Perhitungkan pula iklim, arah angin, sinar matahari, dan keadaan lingkungan sekitar rumahmu dalam merancang sebuah hunian. Kriteria-kriteria di atas sebaiknya terpenuhi agar kamu dapat nyaman tinggal di rumahmu. (Vri)

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me