Usir Noda Bandel di Sofa Kesayangan

Big Banner
Ilustrasi (Foto: Dokumen Rumah123/iStockphoto)

Noda di sofa kesayangan cukup menjengkelkan. Terlebih jika noda tersebut bersumber dari bahan yang sulit dibersihkan, semisal saus, kecap, teh, dan kopi.

Apabila tanpa sengaja sofa kesayanganmu terkena noda-noda tersebut, segera bersihkan. Sebab, jika terlalu lama didiamkan, malah akan membekas dan semakin sulit membersihkannya.

Untuk noda yang ringan seperti tumpahan sirup atau jus, cukup gunakan sabun mandi cair berformula lembut. Caranya, siapkan air hangat di dalam wadah kemudian masukkan sabun.

Baca juga: Membersihkan Sofa Tergantung Bahannya

Siapkan kain lembut, kemudian basahi dengan air sabun tadi, lalu gosok dengan gerakan memutar di daerah yang terkena noda. Agar noda benar-benar bersih, lakukanlah pengulangan dengan mencelupkan kembali kain ke air sabun, lalu tekan tekan sedikit pada daerah yang terkena noda kemudian gosok lagi secara perlahan.

Setelah itu gunakan lap kering atau kanebo untuk menyerap air sabun pada sofa. Bila perlu, jemur sofa sebentar.

Baca juga: Awas Tertipu Sofa Kulit Abal-Abal!

Yang perlu kamu perhatikan saat membersihkan adalah jangan sampai melebar ke luar dari area yang terkena noda. Sebab, bila daerah yang kamu bersihkan terlalu luas maka akan menimbulkan lembab.

Bila hal ini dibiarkan terlalu lama, dapat menimbulkan kerusakan pada lapisan terluar terutama sofa yang berbahan kulit, permukaannya bisa pecah-pecah. Selain itu sofa yang lembab dapat menimbulkan bau yang tidak sedap.

Untuk noda yang membandel misalnya goresan tinta, kamu bisa menggunakan pembersih cat kuku yang tidak mengandung aseton untuk membersihkannya. Tuangkan sedikit pembersih cat kuku pada kain, lalu usapkan secara perlahan ke daerah yang bernoda.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me