Surabaya Akan Digelontor Lebih Dari 75 Ribu Unit Apartemen

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Perkembangan pasar properti khususnya untuk apartemen akan sangat luar biasa di Surabaya. Menurut riset perusahaan konsultan dan manajemen properti PT Colliers International Indonesia (CII), Kota Pahlawan ini akan disuplai sebanyak 75.083 unit apartemen baru hingga tahun 2018 mendatang.

Aerium Apartemen

Apartemen

“Dari jumlah ini, sekitar lebih dari 26.500 unit akan selesai pada tahun ini, 24.447 unit tahun 2017, dan 24.053 unit tahun 2018. Hingga tahun 2015 saja total unit apartemen di Surabaya sudah mencapai hampir 23.600 unit atau tumbuh sekitar 30 persen dibandingkan total unit pada tahun 2014. Ini artinya pertambahan unit apartemen di Surabaya akan naik lebih dari dua kali lipat dari sekarang,” ujar Ferry Salanto, Head of Research CII kepada housing-estate.com, Senin (18/7).

Untuk lokasinya, pasokan unit apartemen terbanyak akan berada di Surabaya Timur dengan porsi 47 persen dan Surabaya Barat 36 persen. Surabaya Timur sendiri disebut Ferry sebagai kawasan pengembangan yang kian menjadi favorit digarap kalangan pengembang sementara untuk Surabaya tengah maupun selatan pasokannya tidak akan signifikan.

Rentang harga untuk apartemen di Surabaya juga terus meningkat dengan range saat ini Rp10 juta-Rp24 jutaan/m2. Beberapa apartemen ini juga merupakan pengembangan sejak tahun 2014-2015 karena itu pada tahun ini hingga 2-3 tahun ke depan akan banyak suplai unit apartemen yang masuk pasar Surabaya dan diproyeksikan dari sisi harga masih akan bertumbuh kendati tidak terlalu cepat.

“Seiring pertumbuhan kota ini sebagai pusat bisnis hingga pendidikan, Surabaya masih menawarkan pertumbuhan untuk apartemen yang masih sehat. Tren orang yang ingin tinggal di hunian vertikan juga terus meningkat, makanya walaupun unit yang masuk pasar cukup banyak tapi masih terserap dengan baik karena kebutuhannya memang tinggi selain tetap ada untuk investasi,” imbuhnya. Yudis

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me