3 Langkah Cepat Cegah Pagar Berkarat

Big Banner

KOMPAS.com – Pagar besi merupakan elemen yang rentan terserang karat karena terletak di luar rumah. Agar terhindar dari kerusakan yang semakin parah, sebaiknya jangan menunda perawatan.

Munculnya karat pada pagar besi bersumber dari dua hal, yakni terjadinya reaksi oksidasi dan reaksi kimia. Tiga elemen yang memungkinkan terjadinya reaksi itu adalah air, oksigen, dan garam terlarut.

Kalau sudah berkarat, kerusakan yang ditimbulkan bisa bermacam-macam, mulai dari stadium awal hingga ke tingkat yang dapat menghilangkan bahan besi itu sendiri.

Pagar besi dengan tingkat kerusakan awal masih bisa diperbaiki, tetapi bila sudah sampai tingkat hilangnya bahan besi, otomatis harus dilakukan penggantian.

Sebelum telanjur rusak, ada baiknya Anda mencoba 3 langkah berikut untuk mencegah pagar besi berkarat:

Bahan dan alat yang mesti dipersiapkan adalah cat besi anti karat. Cat ini berfungsi sebagai cat primer sekaligus top coat atau cat pelapis.

Alat kedua adalah ampelas besi, sikat kawat, dan terakhir kuas yang sesuai dengan besarnya pagar besi tersebut.

Langkah-langkahnya pertama adalah sikat bagian logam (besi) yang berkarat, kemudian ampelas hingga bagian tersebut benar-benar bersih.

Kedua, bila pada permukaan besi masih ada kotoran, debu dan minyak, maka Anda bisa memersihkannya dengan menggunakan kain lap kering.

Terakhir, sapukan cat besi yang mengandung anti karat. Cat itu menjadi lapisan cat primer sekaligus top coat atau cat finish.

Penggunaan cat besi selain anti karat juga tahan cuaca dan tersedia dalam berbagai pilihan warna dekoratif yang bisa Anda pilih sesuai keinginan.

Jika tidak menggunakan cat jenis tersebut, Anda juga bisa mengaplikasikan cat dasar (cat meni) terlebih dahulu.

Tunggulah sampai satu hari, setelah itu baru aplikasikan cat finish. Pagar besi di rumah akan terlihat mengkilap lagi.

properti.kompas.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me