Kantor Media di India Padukan Desain Kontemporer dan Tradisional

Big Banner

KOMPAS.com – Studio Symbiosis mengumumkan rencana untuk Kantor Pusat Punjab Kesari, di Delhi, India yang memadukan desain kontemporer dengan arsitektur tradisional India yang hemat energi.

Bangunan patung yang dibungkus dalam fasad berlubang indah membangkitkan layar “Jali” dan berfungsi untuk memaksimalkan cahaya alami dan meminimalkan panas.

Kantor pusat salah satu media di India tersebut, saat ini masih dalam tahap pembangunan dan dijadwalkan selesai pada Januari 2017.

Meski demikian, International Property Awards telah menunjuk desainnya sebagai Pemenang Terbaik Arsitektur Kantor India 2016-2017.

“Keberlanjutan adalah fokus dari proyek tersebut yang mengoptimalkan pencahayaan alami, ventilasi silang dan pengurangan panas,” tulis para arsitek.

Layar Jali ganda mengurangi suhu udara luar di depan kaca. Udara dinginnya masuk dan ditarik ke atrium melalui efek cerobong asap yang menjadi ventilasi alami.

Hal ini, kata arsitek, mampu mengurangi suhu udara dalam ruangan secara alami sehingga beban pendingin ruangan berkurang.

Berada di sudut perempatan, ruang kantor ini memiliki total luas 18.000 meter persegi. Bangunan ini diciptakan dengan tujuan mengurangi panas dan memaksimalkan cahaya alami ke titik-titik tertentu.

Dengan demikian, tidak ada pencahayaan buatan yang diperlukan pada pagi sampai siang hari.

Fasad putih dengan kaca ini terlihat seperti selubung yang terinspirasi dari dekorasi tradisional India dan diselingi oleh bukaan berukuran berbeda berdasarkan orientasi matahari dan simulasi digital.

Fasad utara misalnya, memiliki tingkat transparan 81 persen sementara sisi selatan 27 persen.

properti.kompas.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me