Gedung Pencakar Langit di Meksiko yang Tahan Gempa

Big Banner

MEKSIKO CITY – Sebuah gedung pencakar langit di Meksiko City baru-baru ini telah rampung. Tidak hanya menjadi landmark yang ikonik saja, tetapi bangunan ini juga diklaim tahan gempa serta hemat energi.

 

Seperti dilansir Inhabitat, Selasa (26/7/2016), pencakar langit bernama Torre Reforma selesai dengan tiga sisi beton. Teknik konstruksi yang digunakan diklaim mampu menahan berbagai macam aktivitas gempa dalam kurun waktu sampai 2.500 tahun mendatang.

 

Dirancang oleh Arup yang bekerjasama dengan L. Benjamin Romano Arquitects (LBRA), Torre Reforma memiliki desain yang eye-catching dengan bentuknya segitiga menjulang ke langit. Bangunan inipun menjadi pencakar tertinggi kedua di Meksiko City.

 

Paling mencolok adalah tampilan fasad mengkilap yang juga dilengkapi dengan beton 70 cm stration serta variasi warna. Para arsitek juga menciptakan ceiling atau langit-langit pada sebagian interior lebih tinggi.

 

“Karena dalam rancangannya bangunan Torre Reforma berbentuk segitiga, sehingga memiliki kecenderungan yang melekat kuat ketika mengalami beban lateral dan angin,” kata Arup dalam press release.

 

Dalam merancang Torre Reforma, dilakukan analisis yang sangat komprehensif untuk menetapkan kinerja struktur di bawah kondisi ekstrim dengan praktek desain yang konsisten dan terbaik internasional untuk gedung-gedung tinggi.

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me