Ini Sebabnya Jakarta Selatan Jadi Wilayah Favorit Pencarian Properti

Big Banner

Bisnis.com, JAKARTA – Jakarta Selatan menjadi wilayah favorit bagi pencarian properti dalam jaringan atau online selama semester pertama tahun ini, ditengarai sebab memiliki akses dekat terhadap perkantoran dan memiliki lingkungan yang lebih sejuk.

Riset yang dilakukan Rumah. com menunjukkan Jakarta Selatan masih menjadi wilayah utama sasaran para pencari properti yang mengakses situs tersebut, baik untuk dibeli maupun disewa.

Riset tersebut dilakukan terhadap sekitar 2,2 juta pencari properti yang mengakses empat juta halaman di Rumah. com tiap bulan. Jakarta Selatan menjadi yang utama dari 10 besar wilayah pencarian utama properti.

Country Manager Rumah. com Wasudewan mengatakan, komposisi yang ideal antara tempat tinggal, perkantoran dan area komersial yang berkembang membuat Jakarta Selatan selalu menjadi favorit.

Tak mengherankan, karena Jakarta Selatan telah lebih dulu didominasi hunian sebelum area perkantoran ramai seperti sekarang.

“Dibandingkan dengan area lain, Jakarta Selatan juga lebih banyak dipenuhi pohon rindang dan taman kota dengan udara yang relatif bersih,” katanya melalui siaran pers, Selasa (26/7/2016).

Untuk katergori rumah dijual, pencarian di Jakarta Selatan mencapai 11,81%, sedangkan untuk rumah yang disewakan, pencarian mencapai 15,85%.

Untuk properti yang disewa, wilayah Cipete dan Kemang menjadi incaran utama. Harga sewa di wilayah itu relatif tinggi, mencapai sekitar US$2.000 hingga US$2.500 setiap bulan untuk rumah 2 lantai, 4 kamar tidur dan luas tanah sekitar 300 m2.

Selain kedua wilayah tersebut, Pondok Indah, Kebayoran Baru dan Cilandak juga merupakan area yang menjadi incaran para penyewa.

Wasudewan mengatakan, area Jakarta Selatan memang ideal bagi para pekerja maupun pebisnis, karena dekat dengan dua kawasan bisnis utama, yaitu Sudirman-Thamrin dan TB Simatupang.

Selain kawasan hijau, pembangunan MRT (Mass Rapid Transit) di Jakarta Selatan turut mendorong minat investor dan pencari properti melirik kawasan Jakarta Selatan.

“Mereka juga membidik perumahan dan apartemen baru yang saat ini telah dan sedang dibangun di kawasan tersebut,” ujar Wasudewan.

Secara berturut-turut, 10 besar wilayah pencarian utama properti untuk dijual di Pulau Jawa adalah sebagai berikut:

1. Jakarta Selatan 11.81%

2. Bandung         9.79%

3. Tangerang       8.63%

4. Bekasi            7.55%

5. Jakarta Timur   6.80%

6. Jakarta Barat    6.10%

7. Bogor               5.55%

8. Surabaya          5.02%

9. Depok              4.14%

10. Tangerang Selatan  3.37%

Di luar Pulau Jawa, 5 besar kota yang menjadi favorit adalah Medan (1,26%), Batam (1,03%), Denpasar (0,87%), Makassar (0,84%) dan Palembang (0.64%).

 

properti.bisnis.com