Siapa Bilang Tempat Sampah Ga Perlu Cantik?

Big Banner
Sumber Foto: shelterness.com

Meski fungsinya untuk menampung sampah sebelum dibuang, jangan lantas beranggapan tempat sampah ga perlu dibikin cantik. Justru, jika desainnya menarik, akan membuat orang rajin membuang sampah pada tempatnya.

Membiasakan buang sampah pada tempatnya, berawal dari rumah. Kita perlu mengajari anak-anak sedari kecil untuk itu. Nah, dengan tempat sampah yang keren, anak-anak pun pasti bersemangat melakukannya.

Kebiasaan itu pun akan terbawa hingga si anak dewasa. So, dari sekarang, yuk kita sulap tempat sampah di rumah sekeren mungkin. Bagaimana caranya?

Baca juga: Berapa Sih Tinggi Ideal Plafon Rumah?

Siapkan dulu bahan-bahan yang diperlukan. Yakni, tempat sampah, wallpaper, perekat wallpaper, kuas atau sikat lem, waterproof varnish, penggaris, dan gunting.

Soal wallpaper, kamu bisa memilih corak sesuai selera anak. Tanyakan terlebih dahulu pada anak-anakmu karakter kartun, film, atau superhero yang mereka suka. Dari situ, kamu bisa mulai mencari wallpaper yang sesuai keinginan mereka.

Setelah kamu memiliki wallpaper-nya, jangan lupa untuk mengguntingnya sesuai dengan ukuran tinggi dan diameter tempat sampah. Pastikan kamu mengukurnya dengan tepat sehingga wallpaper bisa tampil pas nantinya.

Baca juga: Rumah Penuh Sesak? Yuk, Putar Akal!

Nah, sebelum menempelkan wallpaper, lapisi dulu tempat sampah dengan lem. Campur perekat wallpaper dan air dengan perbandingan 50:50 dan ulaskan di badan tempat sampah, lalu biarkan sampai mengering.

Kemudian, tempelkan wallpaper ke badan tempat sampah tersebut secara perlahan. Saat melakukan penempelan, biasanya akan timbul gelembung-gelembung yang menonjol ke luar perekat. Untuk meratakannya, kamu cukup menggunakan kuas wallpaper.

Setelah wallpaper menempel sempurna, kamu bisa memberikan waterproof varnish. Tujuannya untuk melindungi wallpaper tersebut dari tumpahan sampah. Mudah, bukan?

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me