Gini Cara Merekrut Asisten Rumah Tangga

Big Banner
Ilustrasi foto: Rumah123/iStock

Buat kamu yang bekerja di luar rumah, pastinya kamu mengalami kesulitan beres-beres rumah. Solusi gampangnya sih, memiliki asisten rumah tangga.

Akan tetapi, mempercayakan rumah begitu saja kepada asisten rumah tangga gak bagus juga kan? Lalu, bagaimana cara mencari asisten rumah tangga agar tak salah pilih? Simak tips berikut ini!

Periksa latar belakang 

Tak ada salahnya kamu menanyakan latar belakang calon asisten rumah tanggamu. Selain menanyakan asal muasalnya, tanyakan pula keluarganya.

Bila ia masih lajang, kamu perlu mengantisipasinya bila sewaktu-waktu ia ingin menikah. Sedangkan bila ia sudah menikah, apalagi punya anak yang masih kecil di kampungnya, ia mungkin akan sering izin pulang kampung untuk menjenguk anaknya.

Baca juga: Sebelum Terjadi Kebakaran, Teliti Penyebabnya!

Identitas

Kamu dapat meminta fotokopi KTP dan kartu keluarga calon asisten rumah tanggamu. Periksalah alamat yang tertera di dalamnya via internet. Kamu jadi bisa tahu alamat yang diberikan asisten rumah tanggamu itu apakah benar atau palsu.

Pekerjaan sebelumnya

Tanyakan pula apa pekerjaan sebelumnya. Jika sebelumnya ia bekerja sebagai asisten rumah tangga juga, jangan sungkan tanyakan ia bekerja di mana dan alasannya berhenti. Agar lebih yakin, kamu bisa menghubungi pemberi keja sebelumnya jika diperlukan.

Rekomendasi kenalan

Jika ada kenalan atau keluargamu yang tinggal di kampung, bisa meminta mereka untuk merekomendasikan asisten rumah tangga kepadamu. Pastikan yang merekomendasikan jasa asisten rumah tangga itu  tepercaya. (Wit)

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me