Akademi Bambu Nusantara Hadirkan Rumah Oksigen

Big Banner
Desain Rumah Oksigen yang dirancang oleh Akademi Bambu Nusantara (ABN). Rumah Oksigen ini menggunakan bambu sebagai material utamanya. (Foto: Rumah123/ Akademi Bambu Nusantara)

Akademi Bambu Nusantara (ABN) terus mengasah kreativitasnya. Setelah sukses dengan konsep Rumah Bambu Nusantara, kini komunitas tersebut siap menghadirkan Rumah Oksigen.

Sesuai dengan namanya, Rumah Oksigen dirancang hemat energi dan sejuk tanpa bantuan penghawaan buatan. Seperti apa?

Baca juga: Mukoddas Syuhada, Sang Pejuang Revolusi Bambu (1)

Menurut Mukoddas Syuhada, penggagas ABN, biaya yang dibutuhkan untuk membuat Rumah Oksigen terbilang murah. Anggaran maksimalnya Rp50 juta per unit.

’’Ini adalah salah satu bakti kami untuk mendukung ketahanan papan masyarakat Indonesia dengan bambu. Cocok bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR),’’ tutur Mukoddas saat ditemui Rumah123 di Tangerang Selatan, belum lama ini.

Baca juga: Dari Bambu, Tercipta Furnitur dan Rumah Unik

Lebih lanjut Mukoddas menjelaskan, Rumah Oksigen dapat dibangun di atas lahan minimal 5mx10m. Idealnya sih 6mx15m.

’’Nantinya, tiap unit akan memiliki dua kamar tidur dengan luas masing-masing 6m2, satu toilet, satu gudang, satu pantry, satu ruang bersama, dan dua teras,’’ ujarnya menambahkan.

Rumah Oksigen, kata Mukoddas, dirancang dengan konsep rumah tumbuh. Dengan begitu, pemiliknya bisa mengembangkannya di kemudian hari.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me