Berapa Luas Atap Rumah? Yuk, Hitung Sendiri!

Big Banner
Ilustrasi (Foto: Rumah123/iStockphoto)

Mungkin selama ini kita lebih memilih untuk ga ribet dalam urusan menghitung luas atap rumah dengan cara menyerahkannya pada arsitek atau konsultan bangunan. Padahal, menyewa jasa konsultan hanya menambah ongkos pembangunan rumah.

Nah, biar bisa hemat, sebaiknya kita menghitung sendiri luas atap rumah. Ga perlu bingung, berikut cara untuk menghitung luas atap rumah dengan mudah:

Baca juga: Inovasi Atap Teduh Bisa Hemat Energi Hingga 25 Persen

Hal pertama kali yang perlu kamu perhatikan adalah bentuk dari atap rumah. Bentuk atap rumah yang lazim digunakan adalah limas, datar, atau flat. Cara menghitung luas atap rumah untuk masing masing bentuk atap berbeda.

Untuk mengetahui luas atap berbentuk datar, kamu perlu mengalikan panjang dengan lebarnya. Misalnya panjang 7 meter, lebar 6 meter maka luasnya adalah 42 meter persegi.

Baca juga: Memperindah Atap dengan Taman Sederhana

Kalau bentuknya pelana atau limas , maka hitungannya luas atap = panjang x lebar dibagi dengan cosinus kemiringan sudut atap. Contoh, lebar atap 8 meter, panjangnya 10 meter dan kemiringanya 30 derajat, maka luas atap adalah= 8 x 10 : cos 30 = 80 :0,5 = 40 meter persegi.

Trik cara menghitung luas atap rumah dengan mudah tersebut bisa kamu lakukan sendiri saat merancang rumah. Mudah, bukan? Kamu hanya perlu mengukur sudut kemiringan jika akan dibuat semacam limas atau pelana.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me