Tarik Minat Pembeli Apartemen, REI Minta Insentif PBB

Big Banner

TEMPO Interaktif, Bandung –  Untuk menarik minat pembeli apartemen, Persatuan Perusahaan RealEstat Indonesia meminta pemerintah memberikan insentif berupa pemotongan pajak bumi dan bangunan bagi penghuni apartemen atau rumah susun secara bertahap.

“Potongannnya bisa secara berkala paling tidak sampai tujuh tahun pertama, ” ujar Teguh Satria, Ketua Persatuan Perusahaan RealEstat Indonesia, saat peresmian apartemen bersubsidi the Suites@Metro di Bandung, Jawa Barat. Selasa (18/5).

Ia menyatakan, selain insentif PBB, pemerintah juga bisa memberikan  insentif pembangunan prasarana umum agar harga yang ditawarkan pada masyarakat lebih murah. Karena kebutuhan awal untuk tinggal di apartemen membutuhkan dana yang besar untuk pembelian mebel dan lain-lain. “Kita akui tinggal di apartemen bisa lebih mahal dibandingkan rumah landed, terutama di daerah-daerah,” katanya.

Teguh menyatakan masyarakat yang tinggal di apartemen harus diberi rangsangan untuk tahap awal dengan memberikan diskon PBB untuk tahun pertama bisa mencapai 75 persen. Selain itu  insentif KPR yang bunganya sekitar 7 sampai 8 persen.

“Kalau saya minta  insentif listrik, air dan gas, kayanya sulit, padahal di luar negeri untuk tahun tahun pertama diskon,” seraya menyatakan dengan adanya insentif bisa meningkatkan penjualan apartemen.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menyatakan, pemerintah bisa saja memberikan insentif PBB untuk masyarakat yang tinggal di apartemen karena untuk pajak PBB pada tahun 2011 sudah diserahkan pada Pemerintah Daerah. “Nanti kita bicarakan dengan Bupati/Walikota karena nantinya kebijakan ini ada di wali kota dan bupati.”

Heryawan mengegaskan, kebutuhan perumahan di Jawa Barat sangat tinggi karena jumlah penduduknya yang terbesar di Indonesia. Oleh karena itu diperlukan rumah rumah susun baru atau apartemen di berbagai daerah. “Ke depannya diharapkan yang dikembangkan rumah dengan tipe 36 ke atas, bukan lagi tipe 22,” katanya.

ALWAN RIDHA RAMDANI

ciputraentrepreneurship.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me