Beli Rumah atau Apartemen sebagai Aset Pertama?

Big Banner

JAKARTA – Masyarakat di perkotaan besar kini memiliki pilihan apakah ingin tinggal di rumah atau apartemen. Namun, jika Anda sedang membeli aset hunian untuk pertama kalinya, Anda harus berpikir lebih dalam apakah harus membeli rumah atau apartemen.

Tentunya, kedua-dua tipe hunian memiliki kekuatan masing-masing. Mari kita lihat apa saja keunggulan dari membeli rumah tapak sebagai aset pertama:

1. Surat Hak Milik

Anda akan memiliki hak milik atas tanah dan bangunan yang berdiri diatasnya. Maka ini, aset Anda akan lebih bernilai jika ingin menjualnya kembali. Harga tanah naik minimal 10 persen per tahun, dan Anda bebas merenovasi rumah Anda jika sudah terlihat tua.

 

2. Aset likuid

Rumah adalah properti yang sangat diburu, khususya untuk mereka yang hidup di perkotaan. Anda akan lebih mudah menjual rumah tapak karena secara tradisi, banyak orang Indonesia yang lebih suka dengan propeti yang satu ini.

3. Jaminan bank

Rumah tapak lebih mudah diterima oleh bank sebagai aset jaminan jika Anda ingin mengambil pinjaman yang cukup besar.

4.Tagihan lebih rendah

Tarif listrik dan air lebih murah untuk rumah, dan Anda pun terbebas dari membayar maintenance fee. Tentunya, jika rumah Anda ada garasinya, Anda pun akan terbebas dari parking fee.

 

5.Bisa diperluas

Anda bisa memperluas rumah begitu ada dananya. Anda pun bebas menentukan arsitektur maupun tata ruang rumah Anda, termasuk jumlah kamar dan besarnya taman.

Tentunya, membeli apartemen juga ada keuntungannya, yaitu:

 

1. Fasilitas lengkap

Rata-rata apartemen memiliki fasilitas kolam renang dan taman kecil dimana anak-anak bisa bermain. Apartemen lebih mahal bahkan dilengkapi dengan fasilitas olahraga, spa, mini market dan restoran. Jika apartemen Anda terhubung dengan mal, maka Anda tidak harus capek-capek menyetir kesana.

2. Strategis

Ada banyak apartemen yang letaknya di pusat kota. Ini berarti bahwa Anda bisa dengan mudahnya mendapatkan transportasi ke tempat kerja Anda. Memiliki hunian di tengah kota juga berarti bahwa jarak tempuh ke tempat dan fasilitas penting, seperti rumah sakit dan universitas, tidak terlalu jauh.

3. Security

Apartemen dilengkapi oleh fasilitas keamanan, termasuk security guard, CCTV maupun prosedur keamanan yang mengharuskan tamu untuk meninggalkan kartu identitas sebelum bisa masuk ke dalam lift.

4. Praktis

 

Perawatan gedung menjadi tanggung jawab pengelola apartemen. Anda pun tidak harus mengurus sendiri pembayaran segala macam tagihan bulanan seperti listrik dan air.

Sekarang, semua terserah Anda apakah ingin membeli rumah atau apartemen. Anda selalu bisa membeli kedua properti tersebut menggunakan KPR, maka dapatkanlah tawaran terbaik dengan alat perbandingan KPR ini.

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me