Sinyal Positif Pasar Kondominium 2011

Big Banner

Lembaga konsultan properti, PT Procon, menyatakan bahwa pasar kondominium tahun 2011 mulai bergairah. Pernyataan itu dikeluarkan berdasarkan hasil riset yang mereka lakukan. Disebutkan pula bahwa pasokan kondominium di Jakarta tahun ini akan tumbuh 7 persen dibanding tahun lalu. Head of Commercial Sales PT Procon, Hasman Rusli mengatakan, meningkatnya pasokan itu dipicu naiknya permintaan kondominium. “Naiknya permintaan juga akan mengerek harga jual beberapa kondominium,” ujar Hasman.

Data yang dimiliki Procon menyatakan bahwa pasokan kondominium di Jakarta hingga akhir tahun 2010 mencapai sebesar 76.600 unit. Jumlah itu sudah termasuk pasokan baru sebanyak 4.800 unit. Sementara tingkat penjualan pada tahun 2010 meningkat menjadi 96,5 persen.

Peningkatan permintaan juga terjadi pada segmen apartemen. Head of Strategic Advisory PT Procon, Utami Prastiana memperkirakan, pasar apartemen sewa tahun ini akan mencapai 4.700 unit.

Meskipun harga sewa apartemen tahun ini relatif stabil, tapi apartemen di area CBD mengalami kenaikan. Kenaikan harga sewa tersebut disebabkan permintaan tingkat hunian yang semakin menguat.

Pada tahun 2010 lalu, pasokan apartemen sewa di Jakarta naik 5,1 persen atau 35,600 unit. Jumlah itu sudah termasuk penambahan pasokan dari empat proyek kondominium segmen menengah yang memberi kontribusi sebesar 1.000 unit. Pada penghujung tahun lalu, total jumlah unit tersewa naik 7 persen dibandingkan tahun 2009, dan tingkat hunian berada di kisaran 71,3 persen.

CEO PT Procon, Lucy Rumantir, menyatakan bahwa sinyal positif ini banyak didukung oleh kondisi perekonomian yang membaik. Ia menambahkan bahwa kinerja pasar properti akan semakin baik di masa depan, dan hal ini dapat dilihat dari kenaikan tingkat permintaan hampir di seluruh sektor properti selama 2010. Kondisi ini tentunya akan meningkatkan jumlah hunian dan harga sewa pada tahun 2011. (*/Kompas.com)

ciputraentrepreneurship.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me