Pemerintah Jamin Program Perumahan Didukung Anggaran Yang Besar

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Pemerintah tetap menunjukan komitmennya untuk program perumahan dengan terus menggelontorkan anggaran yang semakin membesar. Untuk anggaran fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP) misalnya, tahun lalu anggarannya Rp5,1 triliun dan tahun ini Rp9,3 triliun bahkan ke depan akan terus diperbesar lagi.

rumah murah cikande

Menurut Dirjen Pembiayaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) Maurin Sitorus, pemerintah memegang komitmen yang tinggi untuk program perumahan khususnya program pembangunan sejuta rumah per tahun. Anggaran untuk berbagai subsidi bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) juga terus ditingkatkan.

“Ada cukup banyak program bantuan yang akan digelontorkan. Selain FLPP yang anggarannya cukup untuk pembiayaan 375 ribu unit rumah hingga tahun 2017, ada juga subsidi selisih bunga (SSB), bantuan uang muka (BUM), kredit konstruksi, dan sebagainya,” ujarnya kepada housing-estate.com di Jakarta, Selasa (30/8).

Maurin merinci, hingga tahun 2017 anggaran untuk FLPP mencapai lebih dari Rp34,8 trilin. Anggaran ini akan digunakan untuk membiaya KPR FLPP perumahan sebanyak 175 ribu unit, KPR FLPP rusun sebanyak 50 ribu unit, KPR FLPP swadaya 150 ribu unit, SSB 225 ribu unit, BUM 550 ribu unit, dan kredit kronstruksi 1.500 unit. Total anggaran ditambah dengan SSB dan BUM mencapai Rp40,7 triliun.

Pemerintah juga terus menghitung dan memantau perjalanan program sejuta rumah dan membuat perhitungan ekuilibrium pembangunan dan penyerapan program perumahan untuk mendapatkan hasil statistik dan kalkulasi yang paling tepat. Hal ini pada gilirannya juga digunakan untuk meluncurkan besaran anggaran hingga program yang paling tepat sasaran.

“Kita terus memantau ekuilibrium dari suplai dan deman program sejuta rumah ini. Yang pasti, pemerintah akan menjamin untuk bisa memberikan kemudahan kepada seluruh stakeholder untuk bisa memberikan program kemudahan berjumlah sejuta unit rumah sebagaimana yang ditargetkan,” pungkasnya.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me