Kalau Jaminkan Rumah, Bisa Pinjam Berapa ke Bank?

Big Banner
Ilustrasi. Foto: Rumah123/iStock

Ilustrasi (Foto: Dokumen Rumah123/iStockphoto)

Butuh dana segar? Mau ajukan rumah sebagai agunan pnjaman ke bank? Sudah tahu caranya?

Keuntungan memiliki properti adalah menjadikannya agunan saat butuh dana segar. Pinjam ke bank ya, bukan rentenir.

Bank umumnya memberi tawaran bunga pinjaman yang kompetitif. Belum lagi tenor yang bisa disesuaikan, dan kamu juga masih bisa menempati rumah tersebut. Pertanyaannya, berapakah besaran pinjaman yang bisa bank berikan?

Catat, ya! Saat mengajukan pinjaman dengan menjaminkan rumah ke bank, kamu harus menyertakan sertifikat rumah dan sejumlah dokumen persyaratan. Umumnya, besaran pinjaman maksimal sekitar 70-80 persen dari nilai jual rumah.

Contoh perhitungannya, menurut bank rumah kamu bernilai Rp300 juta, maka bank mungkin hanya akan meminjamkan sekitar Rp200 juta saja. Lantas, bagaimana bank menilai harga rumah kamu itu?

Baca juga: Gini Nih Cara Bank Menaksir Harga Rumah yang Mau Kamu Agunkan

Biasanya, bank akan melakukan perbandingan dengan beberapa rumah pembanding di sekitar rumah kamu. Pembanding tentunya memiliki spesifikasi yang mirip seperti luas tanah dan bangunan, serta berlokasi di satu kompleks atau area.

Setelah itu, bank baru akan melihat harga tanah dan bangunan per meter persegi. Dari pertimbangan itulah bank kemudian bisa menghitung nilai rumah yang dijadikan jaminan.

Ketika menghitung nilai pasaran, bank umumnya menggunakan rumus harga tanah ditambahkan nilai bangunan beserta sarana pelengkap bangunan. Bank akan menilai berapa biaya yang dibutuhkan jika membeli rumah kamu.

Pihak bank akan melakukan survei harga ke lokasi dan bertanya ke sejumlah pihak untuk menaksir harga pasaran rumah agunan tersebut. Setelah mendapatkan taksiran nilai tanah dan bangunan, bank baru bisa menghitung total nilai rumah.

Yang perlu kamu ketahui, perhitungan tersebut dapat dipengaruhi beberapa faktor lainnya. Sebut saja kondisi dan usia rumah, serta sejauh mana kemampuan finasial kamu.

Jika dari hasil verifikasi menunjukkan kamu hanya mampu melunasi pinjaman sekian rupiah, maka bank kemungkinan bisa saja memberikan pinjaman yang ternyata lebih kecil. Jadi, kamu mau pinjam berapa?

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me