Hemat Listrik, Pangkal Kaya Juga, Lho!

Big Banner
Tampak bahan material bata merah yang dominan dengan kombinasi kayu. Foto: Rumah123/iStock

Gaya hidup hemat energi terus digaungkan semua pihak.Tak hanya bertujuan menghemat pasokan energi dalam negeri, pun menekan pengeluaran operasional rumah tangga.

Ya, sektor rumah tangga menjadi salah satu “penghisap” energi yang cukup aktif. Dengan menekan penggunaan energi, tentu bisa membantu pengaturan keuangan, bukan?

Baca juga: Lampu Baca yang Cocok di Kamar Tidur

Tengok saja tarif listrik yang terus meningkat. Jika kamu tak pandai berhemat listrik, maka pengeluaran bulananmu juga akan tersedot habis hanya untuk membayar tagihan listrik.

Lantas, apa saja yang bisa dilakukan untuk berhemat?

Desain Rumah

Desain rumah sangat memengaruhi kamu berhemat listrik. Bagi kamu yang ingin merenovasi rumah, pilihlah desain yang tepat. Misalnya atap yang tinggi, serta penggunaan kaca untuk jalan masuk sinar matahari.

Jika perlu, pilih kaca yang mampu meredam panas. Jadi, rumah kamu akan tetap benderang, namun tak perlu sering menggunakan pendingin ruangan.

Bagaimana jika rumah sudah jadi? Maksimalkan saja pintu dan jendela kamu. Saat siang hari, bukalah pintu dan jendela agar udara segar tetap bisa masuk. Ini meminimalisir penggunaan AC.

Pun demikian saat malam tiba. Tak perlu terlalu cepat menutup pintu bukan?

Baca juga: Bermain dengan Lampu Neon

Maksimalkan Cahaya Alami

Saat siang, rasanya tak perlu sering-sering menyalakan lampu, bukan? Penggunaan skylight bisa sangat membantu.

Tak perlu berbahan mahal, kami bisa gunakan atap transparan di sedikit bagian atap, misalnya di dapur. Ini akan tetap membuat dapurmu terang, meski tanpa lampu.

Jika pun harus menggunakan lampu, pilihlah light-emitting diode (LED). Meski sedikit mahal, lampu ini dapat menghemat penggunaan listrik, juga tahan lama. Tak perlu sering ganti lampu deh!

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me