Jelang Penyelenggaraan Properti Indonesia Award (PIA 2016); Apresiasi Karya Terbaik di Tengah Deselerasi

Big Banner

Majalah Properti Indonesia (MPI) kembali akan memberikan apresiasi khusus terhadap para pelaku bisnis dan industri properti serta sektor terkait dalam bentuk penganugerahan Properti Indonesia Award (PIA) 2016. Ajang bertemunya berbagai pelaku dan institusi bisnis di industri properti ini diharapkan mampu menginspirasi lebih banyak pihak dalam pencapaian yang berkelanjutan.

Penyelenggaraan Properti Indonesia Award (PIA), salah satu ajang apresiasi bergengsi bagi para pelaku bisnis dan industri properti serta sektor terkait di Indonesia akan kembali digelar untuk keempat kalinya. Acara yang diagendakan berlangsung pada Rabu, 24 Agustus 2016 di Hotel Ciputra World Jakarta Selatan, tersebut menurut rencana akan memberikan apresiasi Properti Indonesia Award 2016 kepada sejumlah penerima award berdasarkan 4 kategori.

Serupa dengan penyelenggaran pada tahun-tahun sebelumnya, penghargaan Properti Indonesia Award 2016 diapresiasikan dalam bentuk thropy dan sertifikat kepada para pelaku dan institusi bisnis serta berbagai proyek properti unggulan yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia.  Proses penyeleksian hingga pemberian apresiasi tersebut tentunya setelah melalui penyeleksian yang cukup panjang oleh para dewan juri.

Sutriyadi, Ketua Panitia PIA 2016  mengatakan, para kandidat secara keseluruhan berasal dari pusat data Ma-jalah Properti Indonesia yang diperoleh melalui proses survey, pengumpulan data serta evaluasi, yang berlangsung sejak 01 Maret 2016 hingga 31 Juli 2016.  Beragam data inilah yang kemudian dievaluasi oleh tim juri. Nantinya, sebut Sutriyadi, peserta yang terpilih untuk menerima penghargaan akan diumumkan pada tanggal 24 Agustus 2016, bertepatan dengan malam penghargaan di Grand Sahid Hotel Jakarta, lokasi hotel resmi untuk acara Properti Indonesia Award 2016.

“Proses penyaringan dilakukan beberapa kali untuk membahas dan menyeleksi daftar kandidat yang masuk dalam kategori shortlisted. Dari daftar shortlisted tersebut para dewan juri lalu melakukan proses penyeleksian akhir sehingga menghasilkan para penerima dari masing-masing kategori,” jelas Sutriyadi.

Pria berkacamata ini menambahkan, dibandingkan dengan penyelenggaraan  sebelumnya, PIA 2016 dirancang lebih objektif dalam pemilihan proyek-proyek unggulan dari para pengembang. Hal ini dibuktikan dengan mendominasinya proyek-proyek di luar Jabodetabek sebagai penerima anugerah PIA 2016 serta adanya penambahan beberapa sub kategori baru, antara lain; New Comer Developer, Low Cost Housing Development, Digital Marketing Application, Design Consultan, serta Commercial Estat.

New Comer Developer diberikan kepada pengembang pendatang baru dengan capaian prestasi yang signifikan, sementara, Low Cost Housing diberikan kepada proyek perumahan berkualitas dengan harga terjangkau sebagai bagian dari usaha mendukung program pemerintah dalam pembangunan satu juta rumah.

“Selain untuk semakin menggairahkan bisnis properti di daerah-daerah, apresiasi ini juga diharapkan mampu menginspirasi para developer lainnya untuk mengembangkan proyek yang berkualitas dan tentunya bernilai tinggi,” papar Sutriyadi yang juga General Manager PT TotalMegah MediaNusa, penerbit Majalah Properti Indonesia.

Terbagi dalam 4 kategori

Penganugerahan PIA 2016 diberikan berdasarkan penilaian yang berbasis data milik Properti Indonesia yang didasari oleh beberapa kriteria, antara lain, visi, konsep, nilai, inovasi, kepedulian kepada lingkungan dan sosial, eksistensi, kinerja dan pencapaian serta konstribusinya terhadap industri properti.

Dari beberapa kritera tersebut, Dewan Juri Properti Indonesia Award 2016 yang diketuai CEO Leads Property Service Indonesia, Hendra Hartono serta Senior Editor Majalah Properti Indonesia, berhasil merumuskan empat kategori peraih penghargaaan, yaitu Kategori Property Development, Developer, Supporting & Services Businnes serta Person.

Untuk kategori Property Development, penerima PIA 2016 dibagi lagi menjadi beberapa sub kategori sektor properti, yaitu Township, Housing, Apartment, Condotel & Villatel, Mixed Use Project, Office Building ser ta beberapa sub kategori lainnya. Para penerima yang diakhir penjurian telah mengerucut menjadi beberapa penerima trophy saja, sebelumnya telah diseleksi secara intensif dengan kriteria yang tegas dan akurat, sehingga penghargaan PIA 2016 nantinya dapat menjadi kebanggaan tersendiri bagi para penerimanya.

Sebagai media cetak pertama sekaligus pioneer di bidang properti, Majalah Properti Indonesia terus berkomitmen dalam menginformasikan perkembangan bisnis dan industri properti di Indonesia. Bahkan, hingga dua dekade, jejak langkah para pelaku bisnis ini tetap terus dicermati dengan tekun.

Selama kurun waktu tersebut pula, Majalah Properti Indonesia mencatat, bahwa konfigurasi peta bisnis dan industri properti, termasuk sektor terkait telah mengalami pertumbuhan yang luar biasa sehingga memberikan kontribusi yang cukup signifikan terhadap perekonomian nasional. Catatan tersebut, termasuk melihat bagaimana agresifnya para developer di Indonesia tumbuh dan berkembang dengan berbagai kiat dan strategi yang mereka lakukan.  Mulai dari developer kecil yang hanya mengembangkan lahan sempit dan satu dua unit rumah, hingga developer besar yang menggarap hunian sekelas apartemen dan kota mandiri.

Pada penyelenggaraan Properti Indonesia Award 2015, Lippo Grup tercatat sebagai pengembang yang berhasil mendapatkan penghargaan tertinggi untuk kategori Best Performance, sementara beberapa penghargaan lainnya juga berhasil diraih pengembang Ciputra Grup, Sinar Mas Land, Pakuwon Grup dan beberapa pengembang lainnya, termasuk penghargaan The Inspiring Bussiness Leader bagi Budiarsa Sastrawinata, sebagai ujung tombak dari PT Ciputra Residence dan  enghargaan The Inspiring Public Leader bagi Ridwan Kami selaku Walikota Bandung. Nah, bagaimana dengan penerima Properti Indonesia Award 2016? Simak ulasannya pada Majalah Properti Indonesia edisi khusus September 2016 mendatang.**

mpi-update.com