PT DILD Bangun Pulau Berbentuk Huruf ‘H’ di Pantura Jakarta

Big Banner

Jakarta mpi update. PT Intiland Development Tbk (PT DILD), pada 2015 mulai merealisasi rencana membuat sebuah pulau berbentuk huruf ‘H’ di Pantai Utara Jakarta dengan total investasi Rp 17 Triliun. Di atas lahan reklamasi seluas 63 hektar nantinya akan dibangun residensial, ritel, ruang perkantoran, dan hotel.

Kepada Majalah Properti Indonesia (MPI) belum lama ini Suhendro Prabowo, Wakil Presiden Direktur DILD mengatakan saat ini tengah mengurus perijinan analisis mengenai dampak lingkungan (AMDAL) yang dikeluarkan oleh pemerintah provinsi DKI Jakarta. “Pengerjaan sebenarnya tidak terlalu susah, yang susah itu masalah non teknis,” ujarnya

Menurut Suhendro untuk investasi awal, Intiland menganggarkan dana sekitar Rp7,5 triliun untuk tahap pengurukan. Diperkiraan, tahap pengurukan ini memerlukan waktu tiga tahun. Dari total luas reklamasi pulau seluas 5.100 hektar

PT DILD memiliki hak reklamasi pulau di lokasi tersebut seluas 63 hektar. “Kalau 63 hektar, kira-kira sekitar 30 hektar yang terpakai untuk pengembangan. Kami dikasih tema “Selamat Datang” oleh Pemprov DKI Jakarta. Rencananya, kami akan mengembangkan proyek residensial, yang juga dilengkapi fasilitas ritel, ruang perkantoran, dan hotel,” papar Suhendro.

Seperti diketahui Pemrov DKI memberikan hak reklamasi kepada sejumlah pengembang sebanyak 17 buatan yang saling terhubung dengan daratan. Saat ini, ke-17 pulau tersebut diberi nama sesuai urutan abjad. Pulau yang dibangun oleh Intiland merupakan pulau yang mendapat sebutan pulau H. Pulau-pulau tersebut berjarak 300 meter dari daratan. Proses pengurukan ke-17 pulau yang ditargetkan selesai pada tahun 2030 itu menggunakan pasir yang diambil dari laut di wilayah yang telah ditentukan.

Sebelumnya PT DILD telah memulai pengembangan wilayah pantai utara Jakarta melalui perumahan kawasan Pantai Mutiara seluas 100 hektar sejak 1989. “Kami memandang daerah pantai adalah wajah sebuah kota dan negara, karena itu harus dikembangkan dengan baik.

Berurut-turut di wilayah yang sama perngembang ini kondominium Regatta yang arsitekkturnya berbentuk layar kapal. Terdiri dari 10 tower apartemen dan satu hotel. Proyek pengembangan pulau baru di utara kawasan Pantura Jakarta dinilai Intiland sebagai solusi masalah kepadatan penduduk dan keterbatasan lahan di Jakarta. “Pengembangan pulau baru akan mengakomodasi kebutuhan kota yang semakin besar,” kata Suhendro. (YS)

 

mpi-update.com