Nippon Paint Dukung  Jakarta Workshop 2016

Big Banner

Jakarta, mpi-update. Kawasan kumuh, menjadi permasalahan yang rumit di Indonesia. Tingkat kemiskinan yang tinggi, lingkungan yang kotor, berkembangnya penyakit dan persoalan sosial lainnya menjadi kendala bagi lingkungan tersebut untuk berkembang. Tak terkecuali di Kampung Cikini, yang terletak di bantaran sungai Ciliwung.

Nippon Paint, perusahaan cat terkemuka memiliki kepedulian tinggi terhadap masalah sosial dan pendidikan generasi muda. Itulah sebabnya, sejak 2012, Nippon Paint menjadi sponsor untuk sebuah proyek kerjasama antara Chiba University, Keio University, Tokyo University dan Universitas Indonesia dalam Jakarta Workshop (JKTWS).

Sebanyak 43 mahasiswa, terdiri dari 26 mahasiswa Jepang (Chiba University, Keio University, Tokyo University) dan 17 Mahasiwa Universitas Indonesia mengadakan workshop untuk melakukan studi mengenai kondisi penduduk di kawasan kumuh sepanjang sungai Ciliwung. Hasil studi tersebut nantinya menjadi dasar dari pembuatan proposal mengenai ide dan desain bagaimana intervensi dalam skala mikro untuk meningkatkan kehidupan masyarakat area kumuh ini.

Hasil proposal akan dipresentasikan kepada warga kampung Cikini yang merupakan pilot project dari studi tersebut. Pada kegiatan ini pula diharapkan seluruh peserta, baik mahasiswa Chiba University dan Universitas Indonesia dapat bahu membahu bersama dengan warga untuk membangun apapun yang akan didesain.

Project yang dinamakan JKTSW (Jakarta Workshop) ini telah berjalan selama 4 tahun berturut-turut. Bahkan beberapa desain hasil project ini telah dibangun, seperti ayunan kaliku, sebuah instalasi desain serupa permainan yang mengajarkan masyarakat untuk tidak membuang sampah di sepanjang sungai Ciliwung.

Selain melakukan studi, sebagai tindak lanjut, diadakan JKTWS Symposium untuk membahas konsep Formal-[In]formal sebagai pendekatan memecahkan masalah area kumuh di kota megapolitan, khususnya Jakarta. JKTW Symposium yang diadakan pada 18 Agustus 2016 ini hadiri oleh para ahli dari Amerika Serikat, Jepang dan Indonesia. Beberapa pembicara yang hadir adalah Ahmad Djuhara, Akiko Okabe, Brahmastyo Puji, Hajime Ishikawa, Kenya Endo, Sergio Palleroni yang membahas proyek desain yang konstruktif baik formal maupun informal yang dapat membantu masyarakat di daerah-daerah kumuh di seluruh dunia.

“Kami berharap kontribusi kami dalam proyek ini dapat membantu meningkatkan kualitas hidup masyarakat terutama di Kampung Cikini,” ujar Jon Tan, CEO (Decorative Paints) Nippon Paint Indonesia. Proyek revitalisasi daerah kumuh merupakan bentuk kepedulian Nippon Paint terhadap masyarakat. Selain di Cikini – Jakarta, Nippon Paint juga sudah melakukan revitalisasi di Batam, beberapa waktu lalu.

“Kami sangat antusias dalam setiap proyek yang dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat dengan menciptakan lingkungan yang lebih sehat dan kondusif serta memenuhi kebutuhan pengembangan diri anak-anak, pada akhirnya membangun kepercayaan diri dan harga diri anak-anak yang kurang mampu,” kata Jon Tan. YS

 

mpi-update.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me