Target KPR BTN 2017 Naik 50% Menjadi 600 ribu Unit

Big Banner

Jakarta, mpi-update. Bank Tabungan Negara (BTN) menargetkan, tahun depan dapat menyalurkan pembiayaan Kredit pemilikan Rumah (KPR)  untuk 600.000 unit rumah, meningkat signifikan dari yang biasanya hanya 300.000 hingga 400.000 unit setahun. Untuk tahun ini, BTN mendapat jatah target 570.000 unit dari program sejuta rumah dan telah terealisasi sekitar 440.000 hingga Agustus lalu.

Direktur Utama BTN Maryono mengatakan, upaya percepatan ini dilakukan antara lain melalui penguatan kerjasama dengan sejumlah pemangku kepentingan lain bidang perumahan, termasuk sejumlah BUMN kontraktor. Setelah bekerjasama dengan Perum Perumnas dan PT PP Tbk., BTN menargetkan kerjasama dengan sejumlah BUMN Karya lainnya yang memiliki lini usaha perumahan.

Selain itu, dirinya menargetkan tahun ini sudah dapat merealisasikan bunga KPR satu digit, menyesuaikan dengan suku bunga acuan dari Bank Indonesia. Hingga kini, bunga KPR komersial non-promo dari BTN masih berkisar di 11% per tahun.

“Tergantung penurunan cost of fund secara keseluruhan. Kalau itu bisa cepat, ya penurunan suku bunga juga bisa cepat. Akhir tahun ini saya kira sudah bisa,” katanya.

mpi-update.com