Transportasi Ikut Pengaruhi Prospek Properti

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Transportasi salah satu faktor utama untuk mendorong pengembangan proyek properti. Karena itu selama belum ada solusi komprehensif di bidang transportasi yang masalahnya komplikatif sektor properti juga akan terganggu. Dari kawasan Bintaro Jaya dan sekitarnya setiap pagi ada  sekitar 100 ribu kendaraan melintas. Kapasitas jalannya tidak sebesar itu sehingga kepadatan kendaraan dan kemacetan sulit terhindar.

krl-6

“Macet itu suatu kepastian karena jalannya memang tidak bisa menampung kendaraan. Di Jabodetabek setiap hari ada 15 juta trip, tapi kita belum berkonsentrasi untuk mengurai permasalahan ini,” ujar Ketua Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Danang Parikesit, kepada housing-estate.com di Jakarta, Rabu (21/9).

Untuk mengurai persoalan ini pemerintah perlu segera memetakan persoalannya. Selain itu  pengembang jangan hanya giat membangun proyek tapi harus ikut memberikan solusi kongkrit di bidang transportasi. Salah satu alternatif yang dapat ditempuh adalah memanfaatkan sarana transportasi berbasis rel. Pengembang juga perlu ikut melakukan edukasi agar masyarakat menggunakan transportasi publik.

Persoalan ini sulit dipecahkan apabila sebagian masyarakat masih menggunakan kendaraan pribadi. Danang mengusulkan agar pembenahan transportasi di Jabodetabek dilakukan terintegrasi. Pembenahan secara parsial di masing-masing wilayah hasilnya tidak akan efektif. “Tanpa adanya konektivitas dan integrasi antarwilayah prospek bisnis properti tidak akan baik. Makanya ini harus ditangani sebagai satu kesatuan,” tandasnya.

housing-estate.com